Cek Ini Dulu Sebelum Mencari Ruko Disewakan Untuk Usaha!

Saat ini ada banyak ruko disewakan untuk usaha yang bisa dipilih untuk setiap orang. Misalnya saja seperti di Jakarta. Dimana ada ruko dengan jumlah lantai adalah 3,5 lantai yang dekat dengan bank, dan cocok sekali untuk usaha kantor. Untuk luas bangunan adalah sebesar 236 m2, sedangkan luas tanah sebesar 68 m2. Kemudian untuk fasilitasnya pun juga cukup lengkap. Tentu saja ini cukup menguntungkan untuk banyak orang yang ingin membuka usaha dari ruko yang disewa.

Seperti yang telah diketahui, bahwa menyewa sebuah ruko itu menjadi salah satu solusi terbaik untuk Anda yang ingin membuka usaha namun tidak memiliki tempat untuk menjalankan bisnis Anda. Namun meskipun begitu, sekalipun menyewa ruko itu bisa berpeluang untuk meningkatkan jumlah keuntungan usaha Anda, namun Anda tidak boleh sembarangan dalam menyewa sebuah ruko.

Banyak sekali faktor yang harus Anda perhatikan agar usaha Anda tidak berujung buntung. Karena menyewa ruko itu tidak menggunakan daun. Namun, Anda memakai uang yang cukup banyak untuk menyewa ruko ini. Maka dari itulah, di bawah ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin menyewa sebuah ruko yang digunakan untuk membuka usaha, antara lain:

Pertama, akan lebih baik bila Anda menyewa ruko yang berasal dari tangan pertama. Sehingga, hal ini akan membuat Anda bisa mendapatkan harga sewa yang jauh lebih murah dan lebih terjangkau dibandingkan melalui tangan kedua atau bahkan tangan ketiga. Karena, bukannya tidak mungkin bila Anda menyewa rumah dari tangan kedua dan ketiga itu bisa terjadi miss communication dan terjadi kecurangan yang tidak diinginkan tentang harga sewanya.

Kedua, perhatikan dari segi status legalitas ruko yang akan disewa. Berbicara tentang legalitas ini sangat penting sekali untuk mereka yang ingin menyewa sebuah ruko. Maka dari itulah, sebaiknya cobalah untuk selalu bertanya pada pemilik tentang status sertifikat dari ruko yang akan Anda pilih. Apakah statusnya adalah SHM atau bahkan masih berstatus HGB. Bila ternyata statusnya adalah HGB, sebaiknya cek juga masa berlakunya tersebut.

Tak hanya itu saja, sebaiknya pastikan bahwa ruko yang akan Anda sewa sudah dilengkapi dengan IMB. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya untuk membuka usaha Anda. Supaya Anda bisa menghindari semua hal yang tidak diinginkan saat menjalankan usaha, ada baiknya untuk mengurungkan niat Anda dalam menyewa ruko bila status ruko-nya belum jelas. Karena hal ini bisa menyulitkan diri Anda sendiri.

Ketiga, perlu Anda ketahui bahwa lokasi itu bisa menentukan keberhasilan dari usaha yang akan Anda bangun. Karena area lingkungan lokasi itu bisa menentukan besaran jumlah pelanggan usaha yang akan Anda dapatkan. Bila sampai Anda salah dalam memilih lokasi, dijamin Anda pasti akan langsung gulung tikar. Maka dari itulah, sebaiknya pertimbangkan beberapa aspek dalam menentukan lokasi untuk ruko yang akan disewa.

Misalnya saja, seperti memperhatikan dari segi tujuan usaha, memperhatikan jenis usahanya, dan juga menargetkan konsumennya. Bila Anda ingin menjalankan bisnis kuliner, maka sebaiknya pilih saja lokasi yang berada di sekitar pemukiman para warga, di sekitar gedung perkantoran, atau bahkan di sekitar sekolah. Sedangkan, bila Anda ingin membuka usaha otomotif, misalnya saja seperti membuka usaha bengkel, maka pilih saja ruko yang berada di tepi jalan raya.

Ke-empat, sebaiknya perhatikan dari segi keamanan dan kebersihan ruko tersebut dengan baik. Meskipun Anda berhasil menyewa ruko yang strategis tempatnya, ternyata hal ini tidak dapat memberikan Anda keuntungan secara menyeluruh bila ternyata keamanannya sangat buruk. Maka dari itulah, agar Anda bisa mendapatkan ruko yang aman dan bersih, sebaiknya cari tahu dulu seperti apakah keamanan area yang ada dan bertanya lah pada para warga sekitar.

Dari sinilah Anda tahu seperti apakah frekuensi dari tindakan kejahatan yang sering terjadi di lingkungan. Untuk faktor keamanan juga dapat dipengaruhi dari kondisi alamnya. Sebaiknya perhatikan terhadap resiko bencana alam yang sering terjadi di kawasan ruko itu. Hal ini bisa menghambat perkembangan bisnis, meskipun sering diabaikan. Anda juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan agar calon pelanggan semakin betah berkunjung ke tempat Anda.

Kelima, perhatikan dari segi fasilitas dan kondisi ruko-nya. Bila Anda ingin menyewa sebuah ruko yang kondisinya sudah terpakai, maka perhatikan dulu apakah ada beberapa bagian yang harus direnovasi. Anda tidak boleh lupa dalam memperhatikan bagian ini dengan baik. Karena sudah pasti ada biaya perbaikan yang cukup besar bila Anda salah dalam memilih kondisi ruko yang akan disewa. Maka dari itulah, sebaiknya pahami sarana yang bisa menjadi hak Anda sebagai penyewa.

Beberapa hal tersebut sangat penting sekali untuk Anda yang ingin menyewa ruko untuk membuka usaha. Dengan begitu, Anda menjadi tidak sia-sia dalam mengeluarkan biaya untuk sewa ruko.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel