Jangan Omeli Balita Susah Makan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Sederet cara seringkali dilakukan orang tua untuk mengatasi balita susah makan. Tentunya Anda khawatir dengan tumbuh kembang si kecil bila mereka tak mau makan, kan? Sebab itu, banyak hal yang dilakukan bahkan sampai mengomelinya. Hentikan hal itu sekarang juga. Fokuslah pada penyebab kenapa Balita susah makan sehingga Anda bisa mengatasinya!


1. Anak Memiliki Rasa Sensitif
Salah satu penyebab kenapa anak susah sekali makan adalah dikarenakan ia memiliki indra perasa yang sangat sensitif. Hal ini terjadi pada sebagian kecil anak yang memiliki lebih banyak cita rasa di permukaan lidahnya. Oleh sebab iu mereka akan lebih peka terhadap suatu rasa dan akan menolak makanan yang tak enak.

2. Anak Tergantung pada Televisi dan Gajet
Hal lain yang bisa jadi penyebab kenapa anak susah makan adalah karena ia bergantung pada televisi dan gajet saja. Biasanya, ketika anak merajuk atau mengalami tantrum, orang tua sering membujuknya dengan televisi dan gajet. Padahal, hal ini malah bisa berpengaruh buruk pada selera makan si kecil dan konsentrasinya juga bisa pecah.

3. Anak Bimbang dengan Banyak Makanan
Bukan karena pilih-pilih makanan, seringkali hal yang bisa jadi penyebab kenapa anak susah makan adalah karena banyaknya makanan yang disediakan. Demi anak, biasanya orang tua tak akan segan-segan membelikan banyak makanan yang bervariasi dengan harapan mereka akan memakan semua makanan tersebut.

Namun, ketahuilah! Semakin sering anak dihadapkan pada berbagai pilihan makanan dan banyak pula, dia akan makin bingung. Kalau sudah begini, rasa malas makan pun akan keluar. Nah, untuk mengatasinya sebenarnya mudah saja. Kurangilah jumlah makanan yang Anda sajikan. Itu saja.

4. Anak Baru Sembuh dari Sakit
Anak yang baru sembuh dari sakit biasanya akan menganggap semua jenis makanan terasa hambar. Oleh sebab itu, tak apa Anda membiarkan si kecil untuk tidak menghabiskan makanannya. Biarkan si kecil sembuh total lebih dulu ketika mau menghidangkan makanan yang dia suka. Sebab, nantinya nafsu makannya juga akan kembali lagi.

5. Anak Alergi pada Makanan Tertentu
Balita susah makan juga bisa diakibatkan karena ia menderita alergi pada jenis makanan tertentu seperti udang dan lainnya. Alergi ini akan membuat anak konsisten menolak jenis makanan tersebut. Anda sebagai orang tua harus mengetahui makanan apa yang membuatnya alergi. Dengan begitu, Anda bisa tahu solusi menu yang tepat untuk disajikan.

6. Anak Terpengaruh Lingkungan di Rumah
Jika pada anggota keluarga Anda ada yang suka makanan pedas atau memang pilah-pilih makanan, baiknya coba buat mereka tempat makan yang terpisah. Jangan sampai si kecil melihat mereka seperti itu. Sebab, hal itu bisa membuat si kecil menirunya. Hal buruk lainnya, ia malah jadi tak selera makan karena kebiasaan makan anggota keluarga tersebut.

7. Anak Sering BAB Tak Teratur
Tak hanya itu, anak yang sering BAB tak teratur biasanya juga akan malas makan. Kalau buang air besarnya sudah seperti ini dan mengganggu pola makannya, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari jalan keluarnya.

Nah, itulah beberapa penyebab balita susah makan yang seharusnya Anda hindari dan cari solusinya. Jangan pernah memaksa anak untuk makan tapi Anda tak tahu kenapa si kecil tak mau makan. Bisa-bisa, dia malah tak mau makan terus-terusan dan merasa trauma. Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak susah makan, Anda bisa memberi S26 NutriSure GOLD saja.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel