Cara Mengatasi Gejala Perut Terasa Keras dengan Aman

Gejala perut terasa keras yang dapat terjadi yaitu Anda akan mengalami muntah-muntah dalam waktu lebih dari satu hari. Mengalami serangan demam, susah buang air besar, bahkan buang air kecil pun teras sakit, dan bagian perut teras sakit saat ditekan. Anda yang mengalami masalah perut keras ini dapat diatasi secara aman dengan cara berikut ini.

1. Makanan Bergizi Seimbang
Ada banyak penyebab perut terasa keras, sehingga cara mengatasinya pun beragam. Cara yang bisa Anda terapkan salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Hindari makanan yang mengandung gas, terlalu pedas, asam, dan berlemak tinggi.

Atur juga pola makan dengan waktu yang teratur. Kunyah makanan secara perlahan-lahan, jangan terburu-buru karena bisa berisiko pada pencernaan. Hal ini akan membuat perut terasa keras dan Anda akan mengalami masalah pencernaan yang akibatnya mengganggu aktivitas.

2. Konsumsi Air Putih
Perut keras dapat terjadi salah satunya karena mengalami sembelit, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengonsumsi air putih. Konsumsilah secara teratur minimal 8 gelas sehari agar tidak terjadi masalah pada pencernaan. Ini penting dilakukan baik sembelit yang dialami dalam kondisi hamil atau pun tidak.

3. Kompres Air Hangat
Anda yang mengalami gejala perut terasa keras tanpa mengetahui penyebab pastinya dapat melakukan kompres air hangat. Cara ini menjadi langkah awal yang digunakan untuk membuat perut bisa kembali merasa nyaman. Anda bisa menggunakan handuk untuk melakukan kompres pada perut. Lakukan secara perlahan-lahan sampai dirasa perut membaik/

4. Istirahat yang Cukup
Cara mengatasi perut yang mengalami gejala terasa keras ini bisa dilakukan dengan istirahat yang cukup. Cara ini dilakukan untuk Anda yang sedang dalam kondisi hamil. Sebab, perut yang keras dapat terjadi karena janin di dalam kandungan mengalami perkembangan. Pastikan saat istirahat Anda menyesuaikan posisi dengan perut agar mendapatkan kenyamanan.

5. Obat sesuai Anjuran
Ketika Anda mengalami kondisi perut terasa keras, maka jangan sembarangan mengonsumsi obat. Jika dilakukan Anda bisa saja mendapatkan masalah dengan kondisi yang semakin parah pada bagian perut. Jadi, sebaiknya ketika cara mengatasi perut secara mandiri di rumah tidak berdampak atau tidak membuat kondisi perut membaik, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan.

Datangi dokter yang ahli di bidangnya untuk mengetahui penyebab perut keras yang dialami. Alangkah lebih baik jika Anda dalam kondisi hamil mendatangi dokter kandungan sekaligus untuk mengetahui ada pengaruhnya dengan bayi atau tidak.

Tidak ada sakit yang bisa diabaikan begitu saja lalu sembuh. Anda perlu mengambil tindakan untuk mengatasinya. Ada banyak cara yang bisa dipilih dimulai dari yang termudah. Anda bisa menerapkan cara di atas saat mengalami gejala perut terasa keras. Cara ini aman tanpa menyebabkan risiko penyakit lainnya pada tubuh dan dapat dilakukan dengan mudah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel