Cara Menambah Berat Badan Janin dengan Cepat melalui Makanan Ini

Berbagai cara menambah berat badan janin dengan cepat akan dilakukan oleh para ibu hamil, terlebih jika mereka mendapati berat badan janin yang berada di bawah batas normal. Pertambahan berat badan janin dalam kandungan tidak bisa terlepas dari asupan gizi yang dikonsumsi oleh sang ibu.

Umumnya, ibu hamil membutuhkan kalori 2.500 per hari, sedangkan untuk ibu hamil anak kembar membutuhkan kalori yang lebih banyak, yaitu 3.500 kalori per hari. Untuk itu, Anda harus lebih memperhatikan cara menambah berat badan janin dengan cepat melalui asupan gizi yang harus dipenuhi.

1. Protein
Protein berguna untuk membangun sel-sel tubuh, baik bagi sang ibu ataupun janin. Ibu hamil membutuhkan minimal 70 gram protein setiap harinya. Terdapat beberapa sumber protein yang bisa Anda pilih, antara lain daging sapi tanpa lemak, telur, ayam, ikan, susu, keju dan yoghurt.

2. Karbohidrat
Karbohidrat menjadi asupan yang akan diubah sebagai energi sang ibu dan membantu pertumbuhan janin dalam kandungan. Disarankan, untuk ibu hamil mengonsumsi sumber karbohidrat sekitar 7-11 porsi tiap hari sesuai kalori yang dibutuhkan. Sumber karbohidrat antara lain produk susu rendah lemak, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

3. Kalsium
Kalsium menjadi asupan penting untuk membentuk gigi dan tulang yang kuat. Bahkan, kalsium juga berguna untuk menjaga fungsi saraf, jantung berdetak nromal dan darah. Disarankan, untuk mengonsumsi 1.000 mg kalsium setiap hari, baik ketika hamil atau menyusuui.

Sumber kalisum bukan saja susu, Anda bisa mengonsumsi sumber kalsium lainnya, seperti kangkung, brokoli, justruk, sayuran hijau, almond, bok choy dan selada air. Tergantung dengan selera makan Anda.

4. Zat besi
Kebutuhan zat besi untuk ibu hamil meningkat bahkan 50%, terlebih pada trimester kedua dan ketiga. Sumber zat besi yang bisa Anda pilih antara lain, daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan sayuran hijau. Pastikan jika Anda tidak kekurangan zat besi karena bisa menyebabkan lelah dan meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan kurang.

5. Asam folat
Asupan asam folat harus terpenuhi agar kemungkinan bayi terlahir cacat menjadi kurang dan kecil. Umumnya, ibu hamil membutuhkan sekitar 0,8 sampai 1 mg asam folat setiap hari. Jika Anda memiliki riwayat cacat tabung saraf, maka kebutuhan asam folat bertambah hingga 4 mg. Sumber asam folat baik antara lain margarin, sayuran hijau dan sereal.

6. Gula
Nutrisi ini wajib dipenuhi ketika Anda ingin menambah berat badan janin. Meskipun baik untuk pertambahan berat badan bayi, tapi Anda harus membatasinya agar tidak berlebih karena bisa berbahaya untuk kesehatan. Sumber gula alami bisa Anda dapatkan dari buah-buahan, seperti apel, mangga dan pisang.

Ketika hamil, sudah seharusnya sang ibu memperhatikan cara menambah berat badan janin dengan cepat melaui asupan gizi yang dikonsumsinya. Untuk itu, Anda bisa memenuhi kebutuhan makanan bergizi dengan berkunjung ke orami. Informasi bermanfaat juga bisa Anda dapatkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel