4 Persiapan Wajib yang Harus Dilakukan Sebelum Kredit Motor

Tuntutan hidup yang semakin cepat mengharuskan seseorang paling tidak memiliki kendaraan sendiri. Tidak harus yang mahal seperti mobil, cukup dengan motor saja. Mengingat pada dasarnya kendaraan roda dua yang satu ini justru lebih praktis untuk dikendarai, begitu juga dengan harga yang relatif cukup murah dibandingkan dengan mobil. Namun juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya untuk beberapa kalangan mungkin tidak memiliki biaya yang cukup guna pembeliannya, apalagi dengan harga yang terbilang mahal untuk produk motor baru. Namun jangan khawatir karena ada banyak sekali alternatif yang ditawarkan, seperti diantaranya adalah dengan kredit motor.

Alternatif pembelian secara kredit ini memang sudah ada sejak lama, dimana dealer bekerjasama dengan sebuah lembaga pembiayaan. Sehingga nantinya konsumen cukup membayar uang muka atau DP dengan jumlah tertentu saja dan kendaraan bisa langsung dibawa pulang. Sedangkan untuk sisa hutangnya sendiri maka bisa Anda bayar dengan sistem cicilan atau kredit, jadi bisa lebih meringankan keuangan. Namun setidaknya ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan jika ingin kredit motor ini, diantaranya adalah:

1. Uang muka, bagaimanapun DP ini adalah hal pertama yang harus dimiliki saat akan kredit, hanya saja berbeda dealer atau toko penjualnya, maka akan berbeda pula nilai minimal uang muka yang harus dibayarkan, beberapa diantaranya mungkin cukup dengan 20 persen saja sebagai uang muka, namun tak jarang yang meminta lebih dari itu. Jadi sesuaikan dengan uang tabungan yang dimiliki.
2. Memiliki pendapatan yang tetap, banyak orang yang menyepelekan hal ini, sehingga pada akhirnya kesulitan di dalam membayar kredit atau cicilan motor tersebut secara rutin. Mengingat pada dasarnya mereka memang tidak memiliki pekerjaan atau pendapatan yang tetap. Sehingga jangan mau ambil resiko cicilan motor jika seandainya tidak memiliki pekerjaan atau penghasilan bulanan yang pasti.
3. Mulai pilah-pilih leasing atau lembaga pembiayaannya, ingat bahwa tidak semua lembaga pembiayaan akan memberikan tawaran suku bunga yang rendah, tak jarang diantaranya tawarkan kemudahan proses pengajuan, namun bunganya sangat tinggi. Tentu hal ini hanya akan membebani Anda kedepannya. Jadi pilah-pilih leasing adalah hal yang penting untuk dilakukan.
4. Persiapkan dokumen-dokumen penunjang, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan beberapa dokumen yang menjadi syarat untuk mengajukan kredit tersebut, seperti diantaranya adalah KTP, KK, slip gaji dan sejenisnya sebagai salah satu syarat penunjang pengambilan kredit Anda agar disetujui.

Jika semua hal tersebut sudah dipersiapkan, maka Anda bisa langsung ajukan kreditnya. Sekarang ini untuk melakukan kredit motor bukan hal yang sulit, karena juga ada fasilitas kredit online, seperti diantaranya yang ditawarkan oleh Moladin. Untuk informasi lengkap bisa langsung cek di situs resminya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel