Kenali Ciri-ciri Orang Hamil Anggur yang Perlu Diwaspadai Berikut

Ciri-ciri orang hamil anggur memang sangat mirip dengan orang yang hamil secara normal. Bagi pasangan yang baru menikah dan sedang menunggu kehadiran buah hati tentu akan sangat bahagia apabila istri sudah menunjukkan tanda positif hamil. Namun yang perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua perempuan yang sedang hamil kondisi kandungan mereka normal, dalam istilah kesehatan ada juga yang disebut dengan hamil anggur.

Dalam dunia media hamil anggur biasa dikenal dengan sebagai mola hidatidosa yaitu terdapat tumor yang berkembang dalam rahim seorang wanita. Setelah proses pembuahan oleh sperma, sudah semestinya sel telur akan tumbuh menjadi palsenta atau janin, akan tetapi sel telur tersebut tidak tumbuh secara normal malah menjadi sel abnormal yang terus berkembang membentuk gelembung putih yang berisi cairan dan bentuknya menyerupai anggur.

Kondisinya yang mirip dengan kondisi kehamilan normal akan membuat ibu hamil tidak menyadari gejala hamil anggur. Dalam beberapa kasus, seseorang yang sedang mengalami hamil anggur baru dapat terdeteksi saat usai kehamilan sudah mencapai 10 hari sampai dengan 14 hari. Untuk mengetahui lebih jelas apa saja ciri-ciri orang hamil anggur, berikut ini adalah ciri-cirinya:

Anda akan mengalami pendarahan yang berwarna coklat gelap, ada juga pendarahan yang berwarna merah terang ada usia kehamilan trimester pertama.
Anda akan mengalami kondisi mual dan muntah yang parah.
Anda juga akan mengalami tekanan atau nyeri pada pelvis.

Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut di atas, segera konsultasikan dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih intensif. Selain itu Anda juga harus waspada jika gejala tersebut juga disertai dengan tekanan darah yang semakin meningkat, terdapat kista pada ovarium, rahim semakin membesar namun keadaannya tidak normal, dan mungkin Anda juga akan mengalami penurunan zat besi atau anemia.

Ada banyak penyebab yang memungkinkan seseorang mengalami hamil anggur. Menurut penjelasan medis, hamil anggur terjadi karena adanya kesalahan pada genetik yang terdapat pada sel sperma atau sel telur sebelum proses pembuahan terjadi. Keadaan tersebut yang pada akhirnya menyebabkan adanya dua tipe hamil anggur, hamil anggur komplit dan hamil anggur parsial. Dikatakan sebagai hamil anggur komplit yaitu keadaan setelah proses pembuahan, sel telur tidak berkembang secara sempurna dan seluruhnya tumbuh menjadi sel-sel abnormal. Sedangkan hamil anggur parsial adalah suatu keadaan apabila sel telur dibuahi oleh 2 sel sperma namun setelah proses pembuahan, plasenta tidak mampu memberikan nutrisi secara sempurna sehingga tumbuh menjadi sel abnormal.

Apabila saat ini Anda sedang hamil namun terdeteksi sebagai hamil anggur, maka dari itu guna mencegah adanya komplikasi yang semakin berkelanjutan, maka dokter akan melakukan tindakan medis dengan cara melakukan operasi sehingga tidak ada lagi sel-sel abnormal yang tertinggal pada rahim Anda. Meskipun saat Anda dalam kondisi hamil namun tiba-tiba mengalami keguguran yang tidak diketahui secara pasti penyebabnya maka biasanya keadaan tersebut biasa dikaitkan dengan gejala hamil anggur.

Sangatlah penting bagi calon ibu untuk mengetahui apa saja ciri-ciri orang hamil anggur. Apabila dalam masa kehamilan Anda mendapatkan ciri-ciri yang mirip dengan keadaan di atas, segera konsultasi dengan dokter. Hal ini dikarenakan hamil anggur juga memiliki dampak yang cukup membahayakan, yaitu apabila masih ada jaringan yang tersisa paska operasi yang terdapat dalam tubuh Anda, jaringan tersebut dapat berkembang menjadi penyakit trofoblastik gestational atau kehamilan abnormal yang disebabkan adanya tumor ganas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel