Strategi Promo Ongkir

Promo bebas ongkos kirim (ongkir) merupakan salah satu strategi yang seringkali dilakukan oleh marketplace atau toko online untuk melariskan dagangan atau produk yang mereka jual. Salah satu contohnya adalah tokopedia, yang mana marketplace ini seringkali menawarkan promo bebas ongkir tokopedia untuk momen-momen tertentu. Strategi promo ongkir ini memang cukup berhasil, terbukti dengan meningkatnya jumlah pembeli untuk berbagai item/produk yang ditawarkan ketika promo bebas ongkir ini diberlakukan. Oleh karena itu, jika Anda termasuk orang yang berjualan secara online, maka promo bebas ongkir ini bisa Anda terapkan sebagai salah satu  satu strategi marketing yang sangat jitu untuk menjaring para calon konsumen berbelanja di toko online Anda.

Hanya saja perlu diingat bahwa penerapan promo bebas ongkir tidak dilakukan asal-asalan, Perlu diterapkan beberapa strategi agar Anda tidak mengalami kerugian. Lantas apa sajakah strategi tersebut? Dapatkan jawabannya pada ulasan di bawah ini.

6 Strategi Promo Gratis Ongkir Agar Kamu Tidak Rugi
1.Naikkan harga produk terlebih dahulu
Salah satu strategi promo gratis ongkir yang bisa kamu terapkan agar tidak mengalami kerugian adalah dengan menaikkan harga produk jualan kamu terlebih dahulu. Tentu saja kamu harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum menaikkan harganya, agar kenaikan harganya tidak terlalu tinggi dan membuat calon konsumen kamu merasa mahal. Cukup naikkan sedikit harganya dengan nilai yang masuk akal, meskipun nantinya keuntungan kamu cuma sedikit. Target utama dalam hal ini adalah keuntungan sedikit tetapi produk terjual habis atau terjual dalam jumlah yang sangat banyak.

2.Gunakan jasa pengiriman yang murah
Sebelum menawarkan promo gratis ongkir di toko online milik kamu, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu terkait dengan jasa pengiriman apa saja yang menawarkan harga murah. Tapi pastikan terlebih dahulu kalau harga murah yang diberikan oleh jasa pengiriman tidak mengakibatkan pengiriman barang terlalu lama sampai ke konsumen. Untuk menerapkan strategi ini, tentu saja semua barang harus dikirimkan secara regular karena pengiriman regular jauh lebih murah dibandingkan paket lainnya.

3.Hitung keuntungan secara keseluruhan
Jika kamu merasa ragu untuk menaikkan harga produk jualan namun tetap ingin menawarkan promo gratis ongkir, maka strategi yang bisa kamu gunakan adalah menghitung keuntungan produk secara keseluruhan. Untuk itu, kamu harus menghitung terlebih dahulu berapa harga modal dan keuntungan untuk setiap produk yang laku terjual. Setelah itu lakukan riset kemungkinan tidaknya pencapaian target jumlah item yang terjual dalam jangka waktu tertentu beserta total keuntungannya yang cocok bagi kamu. Misalnya, kamu menargetkan 100 produk/item yang berbeda-beda habis terjual selama 10 hari dengan total keuntungan bersih secara keseluruhan (Sudah dipotong biaya ongkir yang harus kamu bayar dan biaya lain-lainnya) sebesar Rp.500.000. Kalau kamu merasa cocok dengan keuntungan sebesar itu, berarti promo bebas ongkir bisa mulai kamu tawarkan.

4.Bebas ongkir untuk pembelian item tertentu
Strategi promo gratis ongkir yang juga bisa kamu terapkan agar tidak mengalami kerugian adalah penetapan bebas ongkir untuk pembelian produk/item tertentu. Biasanya produk/item tersebut adalah produk yang memiliki nilai keuntungan yang cukup besar dan nilai keuntungannya bisa menutupi biaya ongkir, meskipun nilai bersih keuntungan nantinya tidak begitu besar. Tentu saja kamu harus melakukan riset terlebih dahulu sejauh mana minat masyarakat terhadap produk yang akan ditawarkan bebas ongkir tersebut.

5.Bebas ongkir untuk pembelian produk dalam jumlah tertentu
Strategi promo gratis ongkir yang ini mirip dengan strategi sebelumnya. Hanya saja bebas ongkir di sini untuk pembelian produk dalam jumlah tertentu. Mengapa harus dalam pembelian jumlah tertentu? Jawabannya karena perhitungan keuntungan yang diharapkan berdasarkan jumlah keseluruhan produk yang pembeliannya mendapatkan promo bebas ongkir. Misalnya, Anda menjual produk yang nilai keuntungan per item terjual sebesar Rp.10.000. Jika kamu menawarkan promo gratis ongkir hanya untuk pembelian minimal per 4 item yang total keuntungannya sebesar Rp.40.000. Jika rata-rata biaya ongkir yang nantinya harus kamu bayar untuk pengiriman paling jauh di wilayah nusantara sebesar Rp.30.000, berarti kamu masih punya total keuntungan Rp.10.000 untuk setiap pembelian 4 item. Nah, bayangkan jika kamu berhasil menjual ratusan item dalam jangka 1-2 hari dengan sebab promo bebas ongkir tadi, tentu total keuntungan yang akan kamu dapatkan lumayan besar bukan?

6.Bebas ongkir untuk wilayah tertentu
Strategi promo gratis ongkir yang satu ini bisa kamu terapkan untuk pengiriman ke wilayah tertentu yang biaya pengirimannya tergolong murah jika dilakukan dari lokasi tempat jualan kamu. Agar tidak terjadi kesalahan yang bisa mengakibatkan kamu mengalami kerugian, sebaiknya lakukan riset dengan seksama terlebih dahulu untuk mengetahui wilayah mana saja yang bisa kamu tetapkan promo bebas ongkir untuk pengiriman produk ke wilayah tersebut.

Demikianlah informasi tentang strategi bebas ongkir yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi yang sedang berjualan secara online dan berniat untuk menerapkan strategi masketing promo bebas ongkir.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel